Beberapa Jenis Pupuk Organik dengan Bahan Limbah Rumahan

Beberapa Jenis Pupuk Organik dengan Bahan Limbah Rumahan

Hubungi Fast Respon kami di: 0811-855-800

Hai sobat Metro Mesin, Bagi petani pupuk merupakan komponen yang wajib dipersiapkan adalah pupuk untuk menjaga pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Pupuk sendiri memiliki banyak jenis, seperti pupuk organik dan pupuk kimia. Nahh berikut akan kami jelaskan mengenai pupuk organik, penasaran kan? yukk cermati ulasan berikut.

Thank you for reading this post, don't forget to subscribe!

Thank you for reading this post, don't forget to subscribe!

Apa Itu Pupuk Organik? 

Berdasarkan KBBI, Pupuk organik ini memiliki arti sebagai suatu zat hara tanaman yang berasal dari bahan organik. Pupuk ini adalah jenis pupuk yang terbuat dari material makhluk hidup, seperti dari pelapukan sisa tumbuhan, hewan, hingga manusia.

Contoh bahan yang dapat Anda gunakan untuk produksi pupuk jenis ini adalah sisa panen (jerami, brangkasan, tongkol jagung, bagas tebu, dan sabut kelapa), limbah ternak, limbah industri yang menggunakan bahan pertanian, dan limbah kota (sampah). Karena banyaknya bahan dasar yang bisa digunakan sebagai bahan pembuat pupuk organik. Maka kualitas pupuk yang dihasilkan bisa beragam, sesuai dengan kualitas bahan dasar pembuatannya.

Baca juga Manfaat Menggunakan Pupuk Kompos Untuk Bercocok Tanam

Penggunaan pupuk sepertinya sudah ada sejak awal manusia mengenal kegiatan bercocok tanam, yaitu sekitar 5.000 tahun yang lalu. Bentuk primitif dari penggunaan pupuk dalam memperbaiki kesuburan tanah telah ada sejak kebudayaan tua manusia di daerah aliran sungai-sungai Nil, Eufrat, Indus, Cina, hingga Amerika Latin.

Di Indonesia pun sudah mengenal pupuk organik sejak lama, namun sejak ada penerapan revolusi hijau petani Indonesia banyak yang memilih untuk menggunakan pupuk buatan dengan alasan kepraktisan. Padahal berbagai hasil penelitian mengindikasikan bahwa sebagian besar lahan pertanian intensif menurun produktivitasnya dan telah mengalami degradasi lahan.

Nahh pupuk organik sangat bermanfaat bagi peningkatan produksi pertanian baik kualitas maupun kuantitas, mengurangi pencemaran lingkungan, dan meningkatkan kualitas lahan secara berkelanjutan. Penggunaan pupuk organik dalam jangka panjang dapat meningkatkan produktivitas lahan dan dapat mencegah degradasi lahan.

Baca juga Mesin Es Krim yang Pastinya Dapat Optimalkan Bisnis Anda

Beberapa Jenis Pupuk Organik

Pupuk hijau

Pupuk ini merupakan jenis pupuk organik yang terbuat dari bahan tumbuhan atau pelapukan tanaman biasanya berupa sisa tanaman panen atau biasanya pada badan usaha yang sengaja menanam tanaman hijau untuk selanjutnya mereka ambil zat hijaunya.

Sebenarnya semua jenis tumbuhan dapat Anda jadikan bahan untuk pupuk hijau, namun kami sarankan tumbuhan jenis kacang-kacangan karena memiliki kandungan nitrogen yang cenderung lebih tinggi daripada jenis tanaman lainnya.

Baca juga Bahan Bahan yang Haram Ditambahkan Pada Pupuk Kompos

Pupuk Kandang

Para petani sangat banyak yang menggunakan pupuk jenis ini. Pupuk kandang ini terbuat dari kotoran hewan, kotoran hewan ternak yang paling umum  para petani dapatkan dengan mudah seperti kotoran kambing, sapi, ayam, dan lainnya.

Pupuk kandang bermanfaat untuk menyediakan unsur hara makro dan mikro dan mempunyai daya ikat ion yang tinggi sehingga akan mengefektifkan bahan – bahan anorganik di dalam tanah, termasuk pupuk anorganik. Keunggulan dari pupuk organik jenis ini adalah dapat memperbaiki struktur fisik tanah, memacu aktivitas biologi tanah, dan membantu perkembangan kehidupan mikroorganisme tanah.

Baca juga Langkah Produksi Popcorn Caramel, Peluang Bisnis Menjanjikan!

Pupuk Kompos

Kompos merupakan sisa bahan organik yang berasal dari tanaman, hewan, dan limbah yang telah mengalami proses dekomposisi atau fermentasi. Jadi pupuk kompos ini berasal dari penguraian sampah organik seperti jerami, sekam padi, tanaman pisang, gulma, sayuran yang busuk, sisa tanaman jagung, dan sabut kelapa. Pupuk kompos ini biasanya terdapat pada budidaya atau perawatan tanaman rumahan.

Pengomposan sebenarnya bisa terjadi secara alami. Namun ketika ada tindakan dari manusia seperti penambahan mikroorganisme pengurai, pengomposan terjadi lebih cepat. Kemudahan cara pembuatan dan kandungan hara yang terdapat dalam kompos membuat banyak petani mulai tertarik menggunakan pupuk organik ini.

Baca juga Sejarah Bakpao Hingga Kini Populer Ke Seluruh Penjuru Negeri

Apakah Anda Tertarik untuk Membeli Mesin Produksi Pupuk?

Sekian penjelasan mengenai pupuk organik, Mungkin Anda berminat untuk memproduksi pupuk organik sendiri di rumah Anda. Proses produksi pupuk ini akan sangat terbantu jika Anda menggunakan mesin seperti mesin pencacah rumput di bawah ini.

Apakah Anda tertarik dengan mesin tersebut? Anda bisa loohh bertanya-tanya mengenai mesin tersebut atau mengenai mesin produksi lainnya ke admin Metro Mesin.

Metro Mesin Mendunia merupakan produsen mesin terlengkap di Indonesia. Kami siap memproduksi mesin yang Anda butuhkan untuk memudahkan usaha Anda. Seperti mesin panen jagung, mesin pencacah rumput, mesin disk mill, mesin pengemas, dan mesin lainnya dengan berbagai kapasitas yang menyesuaikan kebutuhan.

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan mengunjungi website kami di metromesin.id atau laman instagram kami di metromesin. Anda juga bisa langsung menghubungi nomor admin kami di 0811855 800.

 

Add a Comment

Your email address will not be published.

× WhatsApp