Jenis Batako dan Perbedaanya dengan Bata Merah

Jenis Batako dan Perbedaanya dengan Bata Merah

Hubungi Fast Respon kami di: 0811-855-800

 

Hallo Sobat Metro Mesin, apakah material dinding rumah Anda terbuat dari batako? batako terkenal karena lebih ringan dari bata merah sehingga sering berfungsi sebagai material dinding, apalagi untuk dinding di bangunan 2 lantai atau lebih. Berikut akan kami ulas mengenai jenis batako dan perbedaannya dengan bata merah, yukk segera simak ulasan di bawah ini.

Apa Sihh Batako Itu?

Batako merupakan jenis bata yang terbuat dari campuran bahan perekat hidrolis, agregat halus, air dan bahan campuran lainnya. Berbeda dengan bata merah yang harus melalui proses pemanggangan untuk menjadikan bata keras, pada batako hanya perlu pengepressan menggunakan alat cetak padat tanpa pemanggangan.

Batako ini kerap berfungsi sebagai  material untuk membangun dinding terluar bangunan karena sifatnya yang kedap air. Dimensi batako di pasaran tentunya sangat beragam, tergantung kebutuhan konstruksi bangunan. Biasanya bataton jenis semen yang dijual di pasaran memiliki ukuran cukup beragam, yaitu mulai dari panjang 36 – 40 cm, tinggi 18 – 20 cm serta tebal 8 – 10 cm.

Baca juga Pamahi Langkah Pembuatan dan Manfaat Konsumsi Ikan Asap

Jenis – Jenis Batako

  1. Batako Putih, Batako jenis ini memiliki nama lain tras. Terbuat dari campuran batu kapur, air, dan tras. Material utama dari batako putih ini adalah tras, Tras merupakan jenis tanah terbuat dari lapukan bebatuan gunung berapi berwarna putih atapun putih kecoklatan. Sayangnya material tersebut di pasaran memiliki ukuran terbatas, umumnya  memiliki panjang 20 – 30 cm, tebal 8 – 10 cm serta tinggi 14 – 18 cm.
  2. Batako Semen, Batako semen yang mempunyai julukan lain batako press adalah batako yang terbuat dari campuran pasir, semen, dan abu batu. Kemudian campuran itu harus melalui proses pencetakan atau press secara manual atau pun menggunakan mesin press.
  3. Batako Beton, Batako beton merupakan campuran dari material pasir dengan semen portland (PC). Cara pembuatannya sama dengan batako press, tidak melalui proses pembakaran namun pencetakan, baik menggunakan mesin atau secara manual. Supaya batako jenis ini memiliki massa yang tidak berat, terkadang pada proses pembuatan batako beton  juga memakai tambahan bahan berupa batubara dan styrofoam.

Baca juga Pamahi Langkah Pembuatan dan Manfaat Konsumsi Ikan Asap

Perbedaan Batako dengan Bata Merah

Mungkin ketika Anda akan membangun gedung, Anda bingung memilih material kontstruksi untuk dindin bagungan. Kebanyakan para tukang menyarankan bata merah ataupun batako, lalu perbedaan antara bata merah dengan batako apa sihh?

Bata merah merupakan bata yang terbuat dari tanah liat atau clay yang harus melalui proses pembakaran, sedangkan batako tidak melalui proses pembakaran karena bahan hanya di-press saja. Ukuran bata merah ini kurang lebih 4 x 9 x 20 cm, yang ternyata lebih kecil daripada ukuran batako press.

Bata merah ternyata sangat direkomendasikan oleh para tukang karena dianggap memiliki tingkat kekokohan yang paling tinggi dan harganya yang relatif murah. Namun tidak sedikit tukang yang merekomendasikan batako sebagai material dinding karena bahan yang ringan lebih ringan dan lebih besar daripada bata merah.

Setelah mengetahui penjelasan mengenai batako di atas, berikut akan kami jelaskan kelebihan dan kekurangan dari batako jika dibandingkan dengan bata merah.

Kelebihan

  1. Memiliki ukuran lebih besar dari bata merah sehingga hanya memerlukan lebih sedikit material pada saat proses pembangunan hunian.
  2. Memiliki dimensi seragam karena cetakannya rapi.
  3. Ukurannya cukup besar sehingga mampu menghemat waktu pengerjaan serta ongkos tukang.
  4. Mudah dipotong dan diubah menjadi beragam bentuk.
  5. Kedap air sehingga meminimalisir kemungkinan perembesan air hujan.
  6. Memiliki bobot lebih ringan karena rongga di bagian tengah.

Kekurangan

  1. Rentan terjadi keretakan rambut pada dinding
  2. Mudah pecah dan berlubang sehingga Anda  harus waspada dinding Anda terlubangi dari luar
  3. Ketika musim kemarau dan saat panas terik batako akan menyerap panas dari luar sehingga suhu di dalam ruangan Anda pun akan ikut panas.
  4. Kurang baik dalam hal kedap suara.

Baca juga Coba Produksi Minyak Nabati dari 10 Biji-Bijian Berikut!

Apakah Anda Tertarik Membeli Mesin Produksi Batako?

Nahh itulah ulasan kami mengenai batako. Setelah Anda membaca artikel di atas, mungkin Anda tertarik membuka bisnis produksi batako. Proses produksi batako ini akan sangat efektif dan efisien jika Anda menggunakan mesin produksi seperti mesin mixer di bawah ini.

Apakah Anda tertarik dengan mesin-mesin di atas? Anda bisa loohh bertanya-tanya mengenai mesin tersebut atau mengenai mesin produksi lainnya ke admin Metro Mesin.

Metro Mesin Mendunia merupakan produsen mesin terlengkap di Indonesia. Kami siap memproduksi mesin yang Anda butuhkan untuk memudahkan usaha Anda. Seperti paket mesin roaster, mesin penmisah tulang, mesin pengemas, dan mesin lainnya dengan berbagai kapasitas yang menyesuaikan kebutuhan.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan mengunjungi website kami di metromesin.id atau laman instagram kami di metromesin. Anda juga bisa langsung menghubungi nomor admin kami di 0811855 800.

Add a Comment

Your email address will not be published.

× WhatsApp