Pahami Langkah Pembuatan dan Manfaat Konsumsi Ikan Asap

Pahami Langkah Pembuatan dan Manfaat Konsumsi Ikan Asap

Hubungi Fast Respon kami di: 0811-855-800

Hallo Sobat Metro Mesin, Apakah Anda termasuk pecinta olahan dari ikan asap? Rasanya yang segar, kering, dengan sedikit tekstur juicy dari ikan asap ini menjadi kegemaran banyak orang. Ikan asap merupakan sebutan untuk ikan yang telah mengalami proses pengasapan dengan tujuan untuk pengawetan. Berikut akan kami jelaskan seputar ikan asap, jika penasaran yukk simak ulasan berikut ini.

Berkenalan dengan Ikan Asap

Ikan asap adalah ikan yang melalui proses pengawetan dengan cara pengasapan. Nahh mungkin Anda bertanya kenapa sihh ikan asap ini bisa awet? ternyata penempelan partikel asap pada ikan ini  sangat mempengaruhi daya awet produk. Karena dalam partikel asap terdapat senyawa-senyawa phenol, asam organik yang dapat berfungsi sebagai anti bakteri dan juga anti oksidan. Semakin banyak penempelan partikel asap maka semakin awet produk yang dihasilkan.

Proses pengasapan ini merupakan hasil kombinasi dari proses pemanasan, penggaraman, dan peresapan zat-zat kimia yang berasal dari asap. Tujuan dari pengasapan sendiri adalah untuk  untuk membunuh bakteri, merusak aktivitas enzim, mengurangi kadar air daging ikan dan juga dapat memberi aroma dan rasa lezat yang khas pada daging ikan. Ikan yang biasanya dapat diasapkan antara lain ikan bandeng, hering, tongkol, tenggiri, gabus, dan banyak jenis ikan lainnya.  Kualitas pengasapan ikan ini sangat terpengaruhi oleh kadar asap dan seberapa lama waktu yang Anda gunakan.

Langkah – Langkah Membuat Ikan Asap

  1. Kumpulkan ikan yang akan Anda asapkan, buang insang dan isi perut melalui tutup insang atau rongga mulut. Pembuangan insang ini dapat Anda lakukan dengan bantuan pinset maupun kawat, lalu cuci bersih ikan dan tiriskan.
  2. Siapkan larutan garam 20-25 % dengan takaran misal 5 liter untuk 8 kg ikan dan kelipatannya.
  3. Rendamlah ikan yang telah bersih kedalam larutan garam kurang lebih 30-60 menit dan beri pemberat di atas ikan agar ikan tidak mengapung. Pemberian garam ini untuk memadatkan daging ikan, menghambat pertumbuhan bakteri, dan membuat rasa ikan lebih enak.
  4. Bilas dan cuci ikan menggunakan air bersih, kemudian tiriskan ikan dengan menggantungnya pada kaway hingga permukaan ikan terlihat kering. proses pengeringan yang terjadi memungkinkan lapisan permukaan daging ikan menyerap asap.
  5. Asapkan ikan menggunakan cara manual dengan memanfaatkan kayu bakar ataupun dengan cara modern menggunakan mesin pengasapan. Atur ikan di atas rak pengasapan kemudian lakukan proses pengasapan sampai ikan matang dan berwarna kuning kecoklatan mengkilap
  6. Apabila ikan telah matang, Anda tinggal mengeluarkannya dan biarkan hingga ikan mendingin.

Manfaat Ikan Asap untuk Kesehatan

1 Umur Simpan Ikan Lebih Lama

Karena memang tujuan utama pengasapan pada ikan ini adalah untuk pengawetan maka umur simpan ikan akan lebih lama. Pengawetan dengan pengasapan ini dahulu kala dilakukan oleh para nenek moyang untuk menimbun persediaan pangan setelah sekian lama berburu hewan darat dan ikan. Pengasapan sendiri memang populer berguna untuk mengawetkan makanan, tak terkecuali ikan asap ini.

2 Membunuh Bakteri Pada Ikan

Dengan menggunakan pengasapan pada ikan, akan banyak jenis bakteri yang ikut terbunuh akibat panasnya proses pengasapan, sehingga ikan akan lebih sehat untuk dikonsumsi.

3 Mengandung Protein, Fosfor, Zat Besi, Kalsium, Hingga Potasium

Pada ikan yang masih segar terdapat kandungan-kandungan yang menyehatkan tubuh manusia seperti protein, fosfor, zat besi, kalsuim dan zat lainnya. Namun, setelah pengasapan terdapat kandungan yang ikut menguap, tapi jangan khawatir karena kandungan tersebut tidak sepenuhnya teruap. Jadi Anda masih bisa meperi=olleh kandungan baik tersebut untuk kebugaran tubuh Anda.

4 Mengandung Vitamin

Banyak vitamin yang terkandung dalam ikan seperti B6, B12, D, dan vitamin A yang mampu memberi manfaat kesehatan hingga mengobati penyakit yang Anda derita. Seperti vitamin A yang mampu mengobati penyakit mata, vitamin D untuk kesehatan tulang, hingga vitamin B12 untuk pembentukan sel darah merah.

Apakah Anda Tertarik Membeli Mesin di Bawah Ini?

Setelah Anda membaca artikel di atas, mungkin Anda tertarik membuka bisnis produks ikan asap. Proses produksi ikan asap ini akan sangat efektif dan efisien jika Anda menggunakan mesin produksi seperti mesin roaster di bawah ini.

Apakah Anda tertarik dengan mesin-mesin di atas? Anda bisa loohh bertanya-tanya mengenai mesin tersebut atau mengenai mesin produksi lainnya ke admin Metro Mesin.

Metro Mesin Mendunia merupakan produsen mesin terlengkap di Indonesia. Kami siap memproduksi mesin yang Anda butuhkan untuk memudahkan usaha Anda. Seperti paket mesin roaster, mesin penmisah tulang, mesin pengemas, dan mesin lainnya dengan berbagai kapasitas yang menyesuaikan kebutuhan.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan mengunjungi website kami di metromesin.id atau laman instagram kami di metromesin. Anda juga bisa langsung menghubungi nomor admin kami di 0811855 800.

Add a Comment

Your email address will not be published.

× WhatsApp