Sambal Nusantara Khas Berbagai Daerah di Indonesia yang Nikmat

Sambal Nusantara Khas Berbagai Daerah di Indonesia yang Nikmat

Hubungi Fast Respon kami di: 0811-855-800

Apa kabar Sobat Metro Mesin? Anda pasti tahu sambal kan? olahan khas hidangan Indonesia yang identik dengan rasanya yang pedas ini sangat populer. Sambal memiliki banyak varian, bahkan setiap daerah di Indonesia memiliki sambal khas-nya sendiri, seperti Aceh yang memiliki sambal ganja, Bali dengan sambal matah, hingga Minangkabau dengan sambal lado-nya. Penasaran dengan sambal nusantara dari daerah lainnya? yukk simak ulasan di bawah ini.

Baca juga Suka Makan Sambal, Apa Saja Manfaatnya?

Apa Itu Sambal?

Sambal merupakan kata serapan dari bahasa jawa yaitu sambel. Sambel adalah istilah yang merujuk pada saus ataupun kondimen pedas, bahan utama dari sambal adalah cabai yang melalui proses penghalusan bersama bahan lainnya seperti bawang, garam, hingga terasi. Adanya sambal ini biasanya sebagai menu pelengkap pada berbagai makanan di Indonesia, mulai dari gorengan sampai sayur lodeh pun akan lebih nikmat jika dimakan bersama sambal.

Sambal terkenal dapat menambah nafsu makan karena rasanya yang pedas membuat penikmatnya tidak ingin berhenti makan, dan ingin nambah lagi dan lagi. Selain itu, olahan ini juga dapat mengatasi hidung tersumbat, karena cabai mengandung zat capsaicin yang dapat merangsang sekresi untuk membersihkan lendir dari hidung yang tersumbat. Sambal nusantara itu sangat beragam lohh, dari ujung barat hingga ujung timur Indonesia terdapat banyak sekali varian sambal yang memiliki ciri khas masing-masin. Berikut beberapa jenis  sambal dari sebagian wilayah di Indonesia yang nikmatnya tak tertandingi.

Kenalan dengan Jenis Sambal dari Berbagai Daerah

Baca juga Aneka Sambal Laris Manis Cocok Dijadikan Bisnis

1 Sambal Matah

Pasti Anda tahu sambal matah kan? sambal khas Bali ini sudah mendunia dengan rasanya yang segar dan pedas. Sambal matah artinya sambal mentah, ini karena sambal ini tidak melalui proses penggorengan hanya melalui proses penyiraman menggunakan minyak panas yang pastinya tidak sampai bahan matang. Tak hanya itu, olahab ini terkenal karena tidak di gerus atau tidak dihaluskan, sehingga saat memakannya Anda masih dapat merasakan tekstur asli dari bahan sambal dan raasanya pun akan lebih segar. Bahan yang biasanya ada  pada sambal ini adalah bawah merah, bawang putih, cabai, batang serai, daun jeruk, gula pasir, terasi bakar, garam, minyak sayur, dan air jeruk limau.

2 Sambal Dabu-Dabu

Makanan ini merupakan olahan khas Manado dan Gorontalo.  Bahan pembuatan dari sambal ini adalah campuran dari cabai merah, cabai rawit, bawang merah, bawang putih, tomat sayur, perasan jeruk nipis, minyak kelapa, dan garam. Olahan ini juga populer karena sambalnya yang hanya melalui proses penyiraman minyak tanpa penggorengan. Anda pasti berpikir kok sama seperti sambal matah ya? Ternyata beda lohhh, Perbedaan sambal matah dan dabu-dabu ada di tomat dan jenis jeruk yang digunakan. Pada sambal dabu-dabu menggunakan tomat, sedangkan sambal matah tidak. Jenis jeruk yang digunakan sambal matah adalah jeruk limau, sedangkan sambal dabu-dabu menggunakan jeruk nipis.

3 Sambal Ganja

Sambal Ganja ini berasal dari Aceh, asal nama ganja pada sambal ini karena rasanya yang bikin ketagihan. Jadi Anda tidak perlu khawatir karena olahan ini sama sekali tidak menggunakan daun ganja atau bahan terlarang lainnya. Sambal ganja ini juga memiliki sebutan asam udeung, karena berbeda dengan sambal lainnya yang seperti sambal bawang ataupun sambal cabe, sambal ini seperti sambal keumamah (ikan kayu) atau asam udeung (udang). Bahan yang biasanya ada pada sambal ini adalah udang, cabai rawit, belimbing wuluh, bawang merah, daun jeruk, dan garam.

Baca juga Bisnis Sambal Kemasan, Raup Untung Jutaan

4 Sambal Lado

Anda pasti pernah kan mendengar lagu sambal lado? ternyata lagu tersebut terinspirasi dari sambal khas Minangkabau lohh. Sambal yang populer dengan sebutan balado ini dulunya merupakan teknik memasak khas Minangkabau. Yaitu dengan cara menumis cabai giling dengan berbagai rempah, biasanya bawang merah, bawang putih, dan jeruk nipis. Ada bahan lain yang membuat cita rasanya semakin kuat yaitu cabai rawit, bawang putih, dan bawang merah. Bisa juga Anda tambahkan lengkuas, daun salam, dan serai agar semakin harum bumbu baladonya.

5 Sambal Rao

Sambal yang khas dengan bahannya yang terbuat dari ikan roa asap ini ternyata berasal dari Manado, Sulawesi Utara. Bahan dari sambal ini antara lain cabai keriting, bawang merah, bawang putih, gula, terasi, daun jeruk, daun seran dan pastinya ikan roa yang sudah terasapi. Sambal khas Indonesia yang ini biasanya nikmat untuk cocolan berbagai makanan, tapi yang paling populer adalah menjadi cocolan pisang goreng khas Manado.

Apakah Anda Tertarik Membeli Mesin produksi Sambal?

Beberapa sambal nusantara di atas dapat lohh Ada jadikan ide bisnis manufatur. Proses produksi sambal ini akan sangat efektif dan efisien jika Anda menggunakan mesin produksi seperti mesin pengaduk di bawah ini.

Apakah Anda tertarik dengan mesin tersebut? jika iya, Anda bisa loohh bertanya-tanya mengenai mesin produksi sari buah atau mengenai mesin produksi lainnya ke admin Metro Mesin.

Metro Mesin Mendunia merupakan produsen mesin terlengkap di Indonesia. Kami siap memproduksi mesin yang Anda butuhkan untuk memudahkan usaha produksi sambal nusantara Anda. Seperti Mesin Juicer, Mesin colloid mill, Mesin Pengemas, dan banyak mesin lainnya dengan berbagai kapasitas yang menyesuaikan kebutuhan.Untuk informasi lebih lanjut, silakan mengunjungi website kami di metromesin.id atau laman instagram kami di metromesin. Anda juga bisa langsung menghubungi nomor admin kami di 0811855 800.

Add a Comment

Your email address will not be published.

× WhatsApp