Wajib Baca! Sejarah Sosis dari Berbagai Bangsa

Wajib Baca! Sejarah Sosis dari Berbagai Bangsa

Hubungi Fast Respon kami di: 0811-855-800

Hai sobat Metro Mesin, Siapakah di sini yang tidak mengenal sosis? Olahan daging yang memiliki banyak penggemar dan selalu laris di pasaran. Bagaimana sejarah awal mula munculnya sosis hingga sekarang menjadi legenda seperti sekarang? Nahh berikut artikel mengenai sejarah sosis, yang pastinya menarik dan informatif. Yukk simak ulasan di bawah ini.

Thank you for reading this post, don't forget to subscribe!

Thank you for reading this post, don't forget to subscribe!

Baca juga Kreasi Frozen Food Berbahan Ayam Kekinian

Sosis Itu Apa Sihh?

Sosis adalah olahan makanan yang terbuat dari daging cincang, lemak hewan, ternak, rempah-rempah, dan bahan-bahan lainnya. Olahan ini identik dengan bungkusnya yang sedikit unik yaitu bungkus lonjong dengan kedua ujung yang mengerucut. Kata sosis sendiri berasal dari bahasa latin “Salsus” yang artinya pengasinan atau pengawetan, dahulu kala sebelum ada mesin pendingin sulit untuk melakukan pengawetan daging, maka munculah ide pengawetan dengan pembuatan sosis.

Sosis dapat dijangkau oleh seluruh kalangan karena harganya yang murah dan diperjualbelikan di toko, mini market, pasar hingga supermarket. Berbagai jenis sosis pun dapat menjadi pilihan menyesuaikan kebutuhan konsumen. Ada sosis mentah yang memerlukan pengolahan lebih lanjut dan ada sosis siap makan.

Baca juga Mesin Pembuat Sosis yang Memaksimalkan Produksi Anda.

Sejarah Sosis dari Berbagai Bangsa

Baca juga Mesin Pembuat Sosis yang Memaksimalkan Produksi Anda

Bangsa Sumeria

Sebenarnya  belum ada yang tahu bangsa mana yang paling pertama menemukan sosis. Terdapat banyak versi cerita mengenai asal muasal sosis, ada cerita dari bangsa Sumeria, China, Romawi hingga bangsa Jerman. Sekitar 300 tahun sebelum masehi bangsa Sumeria (sekarang Irak) telah mengkonsumsi sosis, yaitu olahan daging yang telah diberi garam dan bumbu kemudian dimasukkan ke usus hewan. Proses ini dipercaya dapat memperpanjang usia simpan hewan, karena dahulu kala para nenek moyang memperoleh banyak daging hewan dari kegiatan berburu. Namun daging hewan tersebut tidak dapat bertahan lama atau cepat membusuk. Awalnya mereka mengawetkan daging dengan membubuhkan garam pada daging hingga mengeringkannya menggunakan cahaya matahari. Dalam sejarah bangsa Mesir, makanan yang telah masuk usus hewan, akan dibakar untuk mematangkan daging.

Bangsa Romawi

Ada juga sejarah sosis berdasarkan era Kekaisaran Romawi yang sangat terkenal, yaitu kaisar Nero dan juru masaknya bernama Gayus. Legendanya Gayus menemukan sosis dari ketidaksengajaan. Kala itu, sebelum menyembelih babi dan hewan lainnya, mereka akan membiarkan hewan tersebut kelaparan selama satu minggu. Setelah hewan tersebut tersembelih, hewan-hewan ini akan melalui proses pemanggangan tanpa dibersihkan terlebih dahulu (bagian organ dalam hewan).

Gayus saat itu melihat babi yang telah terpanggang dan menusuk perut babi menggunakan pisau, keluarlah organ dalam babi termasuk ususnya yang kosong karena tidak makan selama satu minggu dan telah mengembang karena kepanasan. Muncul lah ide spontan mengisi usus babi dengan daging giling yang telah tercampur dengan bumbu, rempah-rempah, dan gandum.

Bangsa Yunani

Dalam sejarah yunani, sosis telah tertulis dan terdokumentasi sejak 500 tahun sebelum masehi. Saat itu terdapat seorang tukang daging pandai yang mempunyai ide untuk menyatukan daging yang telah terbumbui dengan suatu selongsong. kemudian selongsongan daging tersebut harus melalui proses perebusan, pengasapan, dan pengeringan. Proses pengasapan ini lah yang menghasilkan cita rasa yang khas.

Sosis di kenal Sebagai Makanan Kebangsaan Jerman

Setelah menyebarnya sosis ke penjuru dunia, negara Jerman mengklaim sebagai “negara sosis”. Negara ini telah mengembangkan lebih dari 1.500 jenis varian sosis yang telah terproduksi di berbagai wilayah. Seperti negara Italia yang memiliki pizza, dan negara Jepang yang memiliki sushi sebagai makanan kebanggaan, Jerman mengklaim sosis sebagai makanan kebanggaan. Orang Jerman biasanya menyebut sosis dengan sebutan ‘wurst’, dan setiap wilayah di Jerman memiliki wurst khas tersendiri. Dari ribuan jenis sosis yang paling terkenal adalah Bratwurst, Weißwurst, Knackwurst, Leberkäse, Frankfurter, hingga Teewurst.

Baca Juga Peluang Usaha Olahan Sosis Viral.

Apakah Anda Tertarik Membeli Mesin Produksi Sosis?

Setelah mengetahui sejarah sosi dari berbagai bangsa di atas, mungkin Anda berminat untuk membeli mesin produksi sosis. Anda bisa loohh bertanya-tanya mengenai mesin tersebut atau mengenai mesin produksi lainnya ke admin Metro Mesin. Contohnya seperti mesin di bawah ini.

Baca juga Peluang Usaha Olahan Sosis Viral

Metro Mesin Mendunia merupakan produsen mesin terlengkap di Indonesia. Kami siap memproduksi mesin yang Anda butuhkan untuk memudahkan usaha Anda. Seperti Mesin Pencetak Sosis, Mesin Pengikat Sosis, Mesin Pengemas, dan banyak mesin lainnya dengan berbagai kapasitas yang menyesuaikan kebutuhan.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan mengunjungi website kami di metromesin.id atau laman instagram kami di metromesin. Anda juga bisa langsung menghubungi nomor admin kami di 0811855 800.

Add a Comment

Your email address will not be published.

× WhatsApp