Fakta Unik Selai Srikaya yang Wajib Anda Ketahui!

Hubungi Fast Respon kami di: 0811-855-800

Thank you for reading this post, don't forget to subscribe!

Apa kabar sahabat Metro Mesin? Tahukah Anda fakta unik selai srikaya? Ternyata selai ini tidak terbuat dari buah srikaya lohh, bahan utama produksi dari selai ini adalah santan kental, telur, dan gula. Penasaran dengan fakta lain dari selai ini? Yukk simak ulasan di bawah ini.

Selai srikaya merupakan olahan khas kota Siantar, Sumatera Utara yang sangat cocok jika Anda oleskan ke roti tawar. Selai ini konon katanya dibawa oleh bangsa Portugis saat menjajah Malaka pada abad ke-15. Hal ini karena adanya olahan Portugis bernama doce de ovos yang memiliki rasa dan tekstur yang mirip selai srikaya ini. Ternyata olahan selai ini tak hanya terkenal di Indonesia lohh, negara tetangga seperti Malaysia, Singapura, Brunai, Filipina dan beberapa negara lainnya.

Baca juga Macam Macam Rasa Selai Yang Jadi Favorit Masyarakat, Selai Buah Anti Mainstream dengan Rasa Unik!

Fakta Selai Srikaya yang Anda Wajib Tahu!

Bukan dari Buah, Ini Resep dan Cara Membuat Selai Srikaya

  • Jika biasanya selai ini populer dengan warna kuningnya, ternyata selama ini memiliki bermacam warna, seperti kuning, orange, bahkan hijau. Faktor penyebab perbedaan warna ini adalah cara pembuatannya, misalnya warna hijau dari penggunaan pandan.
  • Proses pembuatan selai srikaya khas Siantar ini berbeda dengan pembuatan selai pada umumnya, karena selai dikukus selama kurang lebih 10 jam agar tekstur selai menjadi kental sempurna. Kenapa proses pengukusannya sangat lama? Ternyata karena proses pengukusan ini menggunakan api kecil. Pengukusan yang lama ini selain dapat mengoptimalkan cita rasa juga menjadikan selai khas Siantar ini memiliki rasa yang berbeda dengan buatan daerah lainnya di Sumatera Utara.
  • Jika Anda membeli selai srikaya khas Siantar, pastikan untuk segera menikmatinya. Karena proses produksi selai ini tidak menggunakan bahan pengawet lohh. Sehingga Anda hanya dapat menyimpannya selama seminggu jika Anda simpan dalam suhu ruangan. Kalau bisa Anda dapat menggunakan sendok kering yang masih baru untuk mengambil selainya, agar kualitas dan citarasa selai dapat terjaga.
  • Sebuah blog dengan nama Hitam Putih Ratih, menjelaskan bahwa selai srikaya ternyata adalah “egg jam” atau “coconut jam”. Jadi Anda dapat menyebut bahwa selai telur di Inggris merupakan selai srikaya jika di Indonesia.
  • Produksi selai ini biasanya menggunakan gula palem untuk memperkaya citarasa srikaya pada selai. Selain itu, dapat memberikan aroma kuat dan menghasilkan warna kuning kecoklatan.

Bagaimana Proses Pembuatan Selai Srikaya?

Setelah membaca ulasan di atas, apakah Anda tertarik untuk memproduksi selai srikaya sendiri di rumah? Jika tertarik, Anda bisa lohh mengikuti langkah-langkah produksi di bawah ini.

  1. Masak santan kental kurang lebih 250 ml dengan api kecil.
  2. Masukkan 250 gram gula yang telah Anda siapkan dan aduk hingga tercampur merata.
  3. Setelah kedua bahan di atas tercampur merata, Anda dapat menambahkan 1 sendok teh pasta vanila dan aduk lagi.
  4. Setelah campuran bahan telah sedikit berbusa tambahkan daun bawang yang telah diikat simpul.
  5. Jangan lupa untuk terus mengaduk bahan agar santan tidak pecah atau gosong pada dasar panci.
  6. Jika santan sudah mendidih, matikan api dan masukkan 4 buah kuning telur yang telah terkocok lalu aduk rata.
  7. Setelah tercampur Anda dapat menyalakan api lagi, dan gunakan api sedang.
  8. Aduk terus bahan hingga mengental dan meletup-letup.
  9. Jika sudah seperti itu, matikan api dan tuang ke wadah yang telah disiapkan.
  10. Simpan selai hingga dingin, dan selai siap Anda nikmati sebagai pendamping roti

Mesin Pembuat Selai Metro Mesin

Mesin Pembuat Dodol | Alat Pengaduk Dodol | Cooking Mixer

Setelah membaca langkah-langkah produksi selai srikaya di atas, sangat mudah bukan? jika iya, sepertinya Anda membutuhkan mesin produksi selai seperti Mesin Pengaduk Jenang di atas ini. Mesin Pengaduk Jenang merupakan suatu mesin yang berfungsi untuk pembuatan jenang, dengan kinerja mesin yang mengaduk bahan jenis kental melewati proses pemanasan.

Adanya mesin ini dapat meningkatkan proses produksi karena tersedia dalam berbagai kapasitas, sehingga dapat menyesuaikan dengan kebutuhan Anda. Mesin ini dapat mengurangi penggunaan tenaga kerja dan juga dapat menjadikan proses produksi lebih efisien karena tidak membutuhkan tenaga yang besar untuk mengoperasikannya.

Pengaduk jenang ini dapat dipergunakan untuk mengaduk dodol, jenang maupun produksi selai serta jenis makanan yang lainnya. Anda tak perlu lagi cara pembuatan jenang atau selai dengan proses manual yang menguras energi dan kurang efisien. Apakah Anda tertarik dengan Mesin Pengaduk Jenang di atas? Anda bisa loohh bertanya-tanya mengenai Mesin Pengaduk Jenang atau mengenai mesin produksi selai lainnya ke admin Metro Mesin.

Metro Mesin Mendunia merupakan produsen mesin terlengkap di Indonesia. Kami siap memproduksi mesin yang Anda butuhkan untuk memudahkan usaha Anda. Seperti Mesin Pengaduk Jenang, Mesin Colloid Mill dan mesin lainnya dengan berbagai kapasitas yang menyesuaikan kebutuhan.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan mengunjungi website kami di metromesin.id atau laman instagram kami di metromesin. Anda juga bisa langsung menghubungi nomor admin kami di 0811855 800.

× WhatsApp