Proses Pengolahan dan Manfaat Tepung Talas

Tanaman talas (Colocasia esculenta) sudah sangat akrab di kalangan masyarakat Indonesia. Umbi tanaman ini memiliki potensi tinggi sebagai sumber karbohidrat pengganti nasi. Umbi talas berpeluang besar dalam diversifikasi pangan yang relatif murah dan mudah di dapat. Selain itu talas juga memiliki kandungan nutrisi lain seperti protein dan mineral esensial yang tidak kalah dengan komoditas lain.

10 Manfaat Talas bagi Kesehatan Bukan Hanya Baik untuk Diet

Talas memiliki peranan penting dalam proses pencernaan, karena mengandung serat yang menghasilkan rasa kenyang yang tahan lama. Selain itu, serat pada talas juga membantu mempermudah proses pencernaan makanan. Kalori pada talas juga tergolong rendah, sehingga tanaman ini cocok di konsumsi oleh penderita diabetes dan kalangan yang menjalani program diet.

Banyak orang yang kurang menyukai talas karena dapat menimbulkan gatal-gatal dan sensasi terbakar di mulut. Penyebabnya karena talas mengandung kalsium oksalat, senyawa berbentuk kristal yang sulit larut dalam air. Untuk menghilangkan kalsium oksalat, dapat di lakukan proses pemasakan hingga matang atau dengan cara merendamnya ke dalam larutan garam.

Olahan Tepung Talas

Mengenal Talas: Aneka Jenis, Cara Memilih, Mengolah & Aneka Sajiannya

Umumnya pada zaman dahulu, masyarakat mengolah umbi talas secara tradisional dengan di rebus, di goreng atau di olah menjadi berbagai macam kudapan. Sedangkan di negara lain, pengolahan talas sudah mengalami sedikit kemajuan. Akhir-akhir ini talas sudah mulai di olah menjadi tepung atau pati.

Di Jepang dan New Zealand, talas di olah menjadi bahan baku kue, makanan bayi dan produk-produk lainnya. Tepung talas memiliki kemampuan absorpsi yang tinggi sehingga dapat di manfaatkan sebagai penganti tepung tapioka dalam mengentalkan soup, memperpanjang umur simpan daging dan lain-lain.

Berbagai olahan yang tidak kalah kreatif dan inovatif telah banyak di kembangkan oleh masyarakat Indonesia. Tepung talas kini sudah di olah menjadi berbagai macam olahan seperti brownies, lapis, cookies, donat, mie hingga menjadi es krim.  Hasil olahan talas ini pun dapat menjadi peluang usaha yang menjanjikan dengan modal yang murah.

Hasil penelitian menunjukkan terdapat kandungan penting dalam tepung talas. Talas memiliki 0,2 % lemal, 5,2 gram serat. Jumlah tersebut di nilai sudah mencukupi 20,5% kebutuhan serat perhari.

Proses Pembuatan Tepung Talas

Peluang Usaha Tepung Talas Dan Analisa Usahanya - Agrowindo

Proses pembuatan tepung talas sangatlah sederhana, pertama yaitu proses pencucian dan pengupasan umbi talas segar. Kemudian di lakukan proses pemotongan yang di tujukan untuk mempermudah proses pengeringan. Setelah di potong, umbi talas terlebih dahulu di rendam dalam larutan garam, untuk menghilangkan kandungan kalsium oksalat dalam talas. Pengeringan umbi talas dapat di lakukan secara alami dengan sinar matahari maupun dengan mesin pengering (oven). Secara umum mesin pengering lebih di rekomendasikan di bandingkan sinar matahari. Kelebihan dari mesin pengering yaitu suhu dapat di atur dan alir udara panas dapat di kontrol. Selain itu pemanasan menjadi lebih merata dan lebih higienis. Hasil pengeringan umbi talas kemudian di giling menggunakan mesin hummer mill.

Pengolahan talas yang baik menjadi salah satu kunci utama untuk meningkatan minat masyarakat terhadap komoditas ini. Berbisnis produk olahan talas dapat menjadi peluang bisnis yang menjanjikan. Tentunya hal ini perlu di imbangi dengan proses produksi menggunakan mesin-mesin yang mendukung.

Untuk pengolahan talas lebih lanjut dapat digunakan berbagai mesin pengolahan talas seperti mesin pencuci, mesin perajang, mesin hummer mill, mesin pengering dan mesin-mesin lainnya.

PT Metro Mesin Mendunia menyediakan mesin paket pengolahan talas yang dapat membantu memudahkan usaha anda. Untuk informasi lebih lanjut, silakan mengunjungi website kami di metromesin.id atau laman instagram kami di metromesin. Anda juga bisa langsung menghubungi nomor admin kami di 0811855 800.

 

 

 

Add a Comment

Your email address will not be published.

× WhatsApp