Tips Pengolahan Umbi Talas agar Aman Dikonsumsi

Umbi talas (Colocasia esculenta) atau taro sudah tidak asing di telinga, bukan? Hampir semua orang pernah makan talas. Salah satu umbi-umbian ini banyak di minati karena rasanya yang unik, harganya yang murah dan memiliki banyak mafaat bagi kesehatan. Talas di ketahui menyimpan kandungan karbohidrat dan serat yang cukup tinggi.

Thank you for reading this post, don't forget to subscribe!

Thank you for reading this post, don't forget to subscribe!

Menurut Direktorat Gizi Departemen Kesehatan RI, umbi talas memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi, sehingga umbi talas dapat di manfaatkan sebagai sumber kalori dan bahan baku industri. Kandungan serat dan karbohidrat pada talas lebih tinggi di bandingkan dengan kentang.

Manfaat Talas untuk Kesehatan Kulit

Tumbuhan talas tumbuh secara alami maupun di budidayakan di berbagai wilayah Indonesia. Di kepulauan Mentawai dan Papua, talas dimanfaatkan sebagai bahan pokok pengganti nasi. Umumnya masyarakat Indonesia memanfaatkan talas dengan cara dikukus, digoreng dan dipanggang.

Seiring dengan kepopuleran talas, saat ini talas banyak diolah menjadi berbagai macam produk olahan seperti bolu, mie, minuman, kripik, es krim, bubble tea, dan masih banyak lagi. Namun sebelum di konsumsi, talas harus di olah terlebih dahulu agar benar-benar bersih dari getah. Pengolahan ini bertujuan untuk menghilangkan rasa gatal dan agar tidak menyebabkan keracunan. Getah pada umbi talas mengandung zat kalsium oksalat yang dapat menimbulkan rasa gatal dan sensasi menyengat di mulut.

Nutrisi dan Manfaat

Melansir dari healthline.com dalam semangkuk (132 gram) talas yang masak, terkandung 187 kalori, sebagian besar karbohidrat, protein dan lemak. Selain itu talas juga mengandung 6,7 gram serat, 30% mangan, 22% vitamin B6, 19% vitamin E, 18% potassium dan 11% vitamin C.

Manfaat talas bagi kesehatan yaitu dapat mencegah kanker karena mengandung antioksidan dan antikanker, menurunkan tekanan darah tinggi, meningkatkan sistem imun, mencegah penyakit kencing manis serta menjaga kesehatan sistem pencernaan.

Cara Mengolah Umbi Talas

Cara menghilangkan getah talas sangatlah mudah, berikut cara pengolahan umbi talas sebelum di olah menjadi produk makanan/minuman :

1 Jemur talas di bawah sinar matahari selama 2 jam agar senyawa penyebab gatal pada talas menguap

2 Kupaslah umbi talas dengan pisau, gunakan sarung tangan plastik agar getah tidak menempel pada tangan

3 Lumuri permukaan talas dengan garam, kemudian gosok permukaan talas sampai getahnya hilang

4 Potong-potong talas dengan ukuran sesuai kebutuhan

5 Rendam talas ke dalam air garam agar getah hilang secara maksimal

6 Bilas umbi talas dengan air mengalir dan olah umbi talas sesuai selera

7 Usahanan dalam pengolahan talas matang dengan sempurna, agar rasa gatal pada talas benar-benar hilang

 

Pengolahan talas yang baik menjadi salah satu kunci utama untuk meningkatan minat masyarakat terhadap komoditas ini. Berbisnis produk olahan talas dapat menjadi peluang bisnis yang menjanjikan. Tentunya hal ini perlu di imbangi dengan proses produksi menggunakan mesin-mesin yang mendukung.

Untuk pengolahan talas lebih lanjut dapat digunakan berbagai mesin pengolahan talas seperti mesin pencuci, mesin perajang, mesin hummer mill, mesin pengering dan mesin-mesin lainnya.

PT Metro Mesin Mendunia menyediakan mesin paket pengolahan talas yang dapat membantu memudahkan usaha anda. Untuk informasi lebih lanjut, silakan mengunjungi website kami di metromesin.id atau laman instagram kami di metromesin. Anda juga bisa langsung menghubungi nomor admin kami di 0811855 800.

 

Add a Comment

Your email address will not be published.

× WhatsApp