MESIN PAKET PENGOLAHAN IKAN | JUICER, OVEN DEHYDRATOR DAN DISKMILL

Nutrisi yang terkandung di dalam ikan sangatlah baik untuk tubuh. Tak heran jika ikan menjadi salah satu bahan yang kerapkali diolah menjadi makanan dengan beraneka jenisnya. Beberapa olahan ini antara lain bakso, abon ikan, dendeng ikan hingga tepung ikan yang digunakan untuk pakan ternak. Terdapat beberapa tahapan untuk membuat tepung ikan agar sesuai dengan kebutuhan.

Thank you for reading this post, don't forget to subscribe!

Thank you for reading this post, don't forget to subscribe!

Anda bisa menggunakan mesin paket pengolahan ikan dari PT Metro Mesin Mendunia agar proses lebih cepat. Paket pengolahan tepung ikan ini memiliki tiga mesin pendukung yaitu mesin juicer, mesin oven dehydrating dan mesin diskmill. Ketiga mesin tersebut memiliki peran masing masing, untuk lebih lengkapnya simak ulasan berikut.

Mesin Juicer Untuk Hancurkan Ikan

Alat pertama yang mendukung pengolahan ikan menjadi tepung adalah mesin juicer. Mesin ini memiliki fungsi untuk menghancurkan ikan sehingga memiliki tekstur lebih halus. Hasil dari penghancuran ikan menggunakan mesin juicer akan memudahkan proses pengolahan tepung selanjutnya.

Masukkan ikan yang akan dihaluskan dan tambahkan sedikit air. Nyalakan mesin juicer dan tunggu selama beberapa menit, hingga ikan benar benar terlumat dan halus. Jika sudah terlumat dan halus, keluarkan ikan dari mesin ke wadah yang sudah disediakan. Selain digunakan untuk proses pembuatan ikan, mesin ini juga sering digunakan untuk menghaluskan bahan jamu, buah buahan hingga sayur sayuran.

Mesin Oven Dehydrator

Apabila ikan sudah dihaluskan menggunakan mesin juicer, maka proses selanjutnya adalah mengeringkan olahan ikan tersebut. Ikan yang dikeringkan ini bertujuan agar lebih memudahkan ketika proses penepungan. Cara pengoperasin mesin oven ini pun juga sangat mudah dan tidak membutuhkan cara yang ribet.

Anda hanya harus menata ikan yang sudah dilumatkan oleh mesin diatas wadah pengering atau tray yang ada. Tunggu proses pengeringan selama beberapa jam hingga daging ikan benar benar kering dan keras. Mesin ini juga kerapkali digunakan oleh pengusaha makanan kering seperti kismis, camilan buah kering hingga bahan bahan herbal untuk pembuatan obat.

Mesin Diskmill atau Penepung

Setelah ikan berhasil dikeringkan, maka langkah selanjutnya adalah proses penepungan itu sendiri. Ikan yang sudah dikeluarkan dari oven dehydrator bisa diolah ke tahap selanjutnya dengan mesin diskmill atau penepung. Mesin ini mampu mengolah bahan menjadi tepung yang sangat halus.

Ikan yang sudah kering kemudian dimasukkan ke dalam mesin diskmill untuk diolah menjadi tepung. Proses penepungan menggunakan mesin diskmill sudah pasti lebih maksimal. Dengan kapasitas mencapai 180 kg, proses penepungan lebih cepat dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Hasilnya pun sudah pasti jauh lebih maksimal dibandingkan menggunakan penepung biasa.

Setelah melewati tiga tahap tersebut, tepung ikan pun siap dikemas dan dipasarkan secara meluas. Olahan tepung ikan biasanya akan digunakan untuk bahan pembuatan pakan ternak seperti ayam, sapi hingga makanan kucing.

Ketiga mesin paket pengolahan tepung ikan tersebut bisa anda dapatkan di PT Metro Mesin Mendunia. Kami menyediakan beragam mesin sesuai dengan kebutuhan anda. Mesin di Metro Mesin sudah dipastikan terjamin kualitasnya, sehingga membantu produksi menjadi lebih cepat. Untuk melakukan pemesanan, anda bisa menghubungi nomor admin kami atau langsung berkunjung ke Instagram kami. Pesen mesin, ya di Metro aja.

Add a Comment

Your email address will not be published.

× WhatsApp