Bongkar 7 Bahan Pembuatan Jamu Yang Bikin Omset Melejit

Bahan Pembuatan Jamu – Minuman tradisional jamu menjadi primadona yang cukup banyak di incar oleh masyarakat. Selain memiliki fungsi untuk menjaga imunitas, jamu juga bermanfaat untuk mencegah beragam penyakit mematikan seperti diabetes, melancarkan metabolisme tubuh hingga bagus untuk kesehatan jantung. Dengan banyaknya manfaat dari jamu ini, tak heran jika peluang bisnis jamu sangat terbuka lebar.

Apalagi maraknya  wabah Covid 19 yang menjadikan jamu menjadi primadona dalam dunia bisnis. Peluang bisnis jamu di masa pandemi sendiri cukup menjanjikan. Para pebisnis jamu mengaku selama pandemi usahanya mulai naik daun. Trend minum jamu sebagai obat anti virus inilah yang menjadi alasan jamu mulai banyak di cari pasaran.

Nah, bagi anda yang ingin memiliki usaha jamu, ada baiknya untuk mengetahui bahan bahan yang bagus membuat jamu sehat dan kaya manfaat. Tidak sembarang bahan jamu laris di pasaran, sehingga anda harus cermat untuk mencari bahan jamu sesuai dengan permintaan pasar. Yuk simak apa saja bahan jamu yang bisa bikin omset melejit berikut.

Bahan Jamu yang Bikin Omset Melejit

1 Jahe

Sudah menjadi rahasia umum jika jahe seringkali menjadi bahan utama dalam pembuatan jamu. Rasanya kurang tepat jika membuat jamu tanpa mencampurkan bahan jahe di dalamnya. Kandungan senyawa aktif gingerol yang terdapat pada jahe sangat bermanfaat untuk mengatasi masalah pencernaan. Seperti sakit perut, mual, pusing serta nyeri sendi seperti osteoarthritis dan rematik. Jahe juga memiliki khasiat yang bagus sebagai anti kanker.

2. Mengkudu

Mengkudu atau Morinda Citrifolia memang memiliki rasa pahit yang cukup kuat. Namun meskipun memiliki rasa yang pahit, mengkudu sangat bermanfaat untuk mengatasi penyakit jantung hingga diabetes. Kandungan polisakarida dalam mengkudu bermanfaat untuk membantu menormalkan sistem imun.

Banyak yang menggunakan mengkudu sebagai penambah ramuan dalam membuat jamu serbuk. Manfaat kudu juga sangat bagus untuk mengurangi nyeri sendi serta menurunkan kadar gula darah. Pasalnya mengkudu mengandung beragam nutrisi seperti karbohidrat, protein, gulam vitamin C, vitamin E, Biotin hingga Kalium.

3. Kunyit

Bahan jamu yang menjadi primdona adalah kunyit. Kandungan zat kurkumin pada kunyit sangat bermanfaat untuk menjaga kesahatan serta mencegah penyakit. Beberapa manfaat jika mengkonsumsi kunyit adalah meringankan gejala gangguan pencernaan, penyakit kulit, mengatasi penyakit hati, mengurangi resiko penyakit jantung dan stroke hingga mencegah kanker usus besar.

4. Kencur

Kencur merupakan tanaman herbal yang mudah sekali ditemukan di Indonesia. Tanaman ini kerap kali digunakan sebagai bahan jamu. Disajikan dalam bentuk minuman dengan campuran air beras. Rasanya nikmat dan mengahangatkan tubuh menjadi salah satu alasan banyak yang mengkonsumsinya.

Kencur sendiri memiliki manfaat untuk mengatasi sakit kepala, masuk angin, batuk dan flu. Selain itu bahan jamu ini juga bisa meredakan sakit perut mulas dan mencegah batu ginjal. Rasanya pun segar dan getar Ketika diseduh tanpa gula. Namun akan terasa manis dan pas jika dicampur dengan asam jawa serta gula.

5. Temu Lawak

Temu lawak adalah tanaman berbatang semu dengan bunga yang eksotis berwarna putih kemerahan. Bahan jamu temulawak memiliki sejumlah manfaat yang bagus untuk kesehatan jika di konsumsi secara rutin. Temulawak memiliki manfaat untuk menetralkan racun, menghilangkan nyeri, antibakteri, mencegah pelemakan dalam sel hati hingga sebagai antioksidan yang bagus untuk tubuh.

Lima bahan pembuat jamu tadi merupakan bahan bahan jamu yang selalu menjadi incaran oleh khalayak ramai. Pasalnya kelima bahan tersebut sangat familiar di masyarakat dan banyak di gemari karena rasanya yang  khas dan khasiat yang luar biasa bagi masyarakat Indonesia.

Nah, bagi anda yang ingin menjalankan bisnis jamu dengan omset jutaan, ada baiknya untuk memahami bahan bahan pembuatan jamu serta menentukan target market yang pas untuk strategi marketing ke depannya. Untuk mempercepat produksi jamu bubuk, ada baiknya anda menggunakan mesin mesin canggih dari Metro Mesin.

 

Add a Comment

Your email address will not be published.

× WhatsApp